Kamis, 08 Mei 2014

pengalaman skripsi

Mahasiswa tingkat akhir pasti pernah merasakan bagaimana rempongnya skripsi itu. Kali ini aku bakal cerita tentang skripsi dimana aku juga mengalami hal ini. Saai ini aku dibilang selesai juga belum sih soalnya aku belum ujian skripsi, masih  di tahapan nunggu jadwal keluar. Tapi untuk dishare sudah bisalah.
Skripsi biasa dialih bahasakan menjadi skripsweat, skripshit, atau apalah yang lain tergantung kreatifitas si pengalih bahasa. Untuk mahasiswa semester tua sudah biasa kalau yang digalauin itu masalah skripsi. Biasanya jadi sensitif kalau denger kata-kata skripsi. Apalagi kalau liat temen-temen ternyata sudah pada ujian skripsi atau wisuda. Rasanya langsung stres berat. Hihihi.. Skripsi itu pasti ada aja masalahnya yang bikin nggak selesai-selesai. Menurutku yang paling banyak dan sering dialami itu adalah ketika malas melanda. Hmm.. malas itu musuh utama bagi pejuang skripsi. Gimana nggak.. kalau malas melanda bener-bener stuck. Baru buka laptop ngetik sedikit terus males, endingnya nggak jadi ngerjain. Kalau udah males palingan main. Terus kapan ngerjainnya coba.. Jadinya yaa stuck disitu aja nggak maju-maju. Cuma bisa nunggu ada hidayah rajin buat ngerjain. Padahal entah itu kapan. Aku juga ngerasain hal yang sama kog, setelah ngajuin judul kan seharusnya sudah mulai nyusun proposal. Tapi si malas pun datang, alhasil proposal nggak dikerjain berbulan-bulan. Kemudian hidayahpun datang gara-gara ngeliat temen-temen ternyata uda pada seminar dan penelitian, yang ada kelabakan sendiri ngebut ngerjain. Hidayah emang bisa dateng dari berbagai hal yaa seperti yang aku bilang tadi salah satunya. -_-“
Masalah kedua yang menghambat skripsi itu biasanya datang dari dosen. Macam-macam masalahnya, ada yang suka ngeganti-ganti judul yang sudah diajuin sama mahasiswanya, ada yang susah banget ditemuin, ada yang cerewet banget, dll. Menurutku yang paling nyesek itu yaa yang susah ditemui dan itu yang aku alami. Aku yang sudah semangat mengebu-gebu ngerjain biar cepet kelar pas mau bimbingan eh ternyata orangnya nggak ada di kampus atau nggak bisa. Besoknya kekampus lagi eh ternyata sama aja. Begitu terus sampai beberapa hari. Gimana mau nggak nyesek. Inilah yang bikin skripsiku nggak kelar-kelar. Sampai-sampai aku tiap hari ngampus biar bisa ketemu dosen. Bener-bener perjuangan dah. Terkadang rasanya pengen nyerah soalnya capek kekampus tiap hari. Tapi kalau nggak kekampus, jangan-jangan pas itu ternyata orangnya ada. Dilema banget pokoknya. Buat kalian yang merasakan hal yang sama dengan aku, aku sarankan kalian jangan menyerah soalnya sekalinya kalian nyerah berarti kalian kalah dan skripsi kalian nggak selesai-selesai. Tetep berjuang aja, kekampus setiap hari jabanin dah, plus jangan lupa berdoa juga biar dipertemuin sama tuh dosen. Semangat aja lah pokoknya.
Selain yang aku sebutin di atas mungkin masih ada banyak hal-hal lain juga yang biasa dialami sama mahasiswa tingkat akhir yang mungkin tidak aku alami, yang jelas ada aja kendala yang dialami tiap orang yang mungkin berbeda-beda. Tapi disamping itu juga mungkin ada segelintir orang yang skripsinya bener-bener lancar mulai dari ngajuin judul sampai wisuda, ada aja loo.. Tergantung amal ibadah kali yaa. Hihihi... berarti amal ibadahku kurang dong -_-“

Sekian dulu yaa ceritaku.. Selamat berjuang buat temen-temen yang lagi pada skripsi.. Semoga dilancarkan dan cepet selesai.. Amiiin ^^9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar