Kamis, 09 Januari 2014

Risetku

Saat ini aku sedang disibukan dengan urusan skripsi, karena aku adalah anak jurusan administrasi publik maka penelitian skripsiku pun seputar kebijakan, program, dan teman-temannya. Sangat luas sebenarnya bidang yang dapat diangkat oleh anak jurusan administrasi publik, mulai dari pendidikan, birokrasi, lingkugan, atau apapun yang lainnya. Luasnya bidang yang dapat diangkat membuat penelitian yang diambil oleh teman-temanku juga sangat beragam. Aku sendiri membahas tentang perencanaan pembangunan.
Skripsi anak jurusan administrasi publik tidak pernah terlepas dari pemerintahan. Sehingga risetnya pun harus interview ke pemerintahan (re: dinas). Tapi mungkin juga ada yang tidak, tetapi minimal harus mengurus surat ijin terlebih dahulu di salah satu dinas. Begitu juga yang terjadi padaku, aku meneliti di salah satu dinas dan harus terlebih dahulu mengurus surat ijinnya.
Berurusan dengan birokrasi dari dulu memang tidak mudah, selalu menghadapi birokrasi red tape atau birikrasi yang berbelit-belit. Ini memang patology yang diidap birokrasi di Indonesia dari dulu. Hanya untuk mengurus surat ijin saja membutuhkan waktu berhari-hari. Dari pengalamanku ketika mengurus surat paling cepat 3 hari dan kalau lagi lama bisa sampai seminggu lebih. Apalagi kalau kepalanya sedang tidak ada di tempat untuk beberapa hari, bisa semakin lama itu pengurusannya. Selain waktu pengurusan yang lama, banyak sekali harus melalui prosedur perijinan. Jadi untuk melakukan penelitian harus mendapat ijin dari hirarki di atasnya. Pengennya ngurus surat itu cepet selesai maksimal seminggu lah, ini aku berminggu-minggu belum selesai-selesai juga K  Waktuku habis Cuma buat ngurus surat, terus aku kapan penelitiannya.  Huaaaa T.T Rasanya planku ini berantakan semua gara-gara ini.
Cuma bisa sabar... iyaa orang Indonesia memang cuma bisa sabar menghadapi birokrasi yang ada. Emang orang Indonesia semua sabar-sabar kog udah terlatih -__- Sepertinya PNS di Indonesia ini terlalu lama berada di zona nyaman, akibatnya mereka terlalu santai bisa menunda-nunda pekerjaannya. PNS ini membutuhkan sedikit pressure, agar ada peningkatan kinerja.  Agar tidak terlalu berleha-leha. Evaluasi kinerja dan sangsi itu juga penting untuk diterapkan. Pokoknya wajib deh meningkatkan pelayanan publiknya, karena menurutku masih jauh dari kata prima.
Kembali lagi pada skripsiku, aku berdoa semoga diberi kemudahan sehingga aku bisa segera riset. Semoga juga skripsiku bisa segera selesai dan segera lulus. LULUS inilah yang memang ditungu-tunggu. Amiin J




Tidak ada komentar:

Posting Komentar