Jumat, 17 Agustus 2012

Jurusan Administrasi Publik

Postingan kali ini aku mau bahas tentang masalah kuliah lagi, tapi lebih spesifik aku akan bahas tentang jurusan ku sekarang yaitu Administrasi Publik. Mumpung sekarang bertepatan juga ada maba yang uda mau mulai kuliah. Sejujurnya dulu waktu aku jadi maba masih bingung apaan siih sebenarnya jurusan ku itu, uda coba searching di pak de google tetep aja nggak paham soalnya kurang banget infonya. Karena aku sekarang uda semester 5 jadi aku bisa sharing dikit tentang jurusan apaan siih sebenarnya administrasi publik itu. Ini semua pendapatku dari pengalaman yang uda aku dapat selama 2thn kuliah. Jadi boleh aja kalau ada yg tidak setuju. Okee ayoo dimulai. .

Orang awam akan berpikir kalau yg namanya administrasi pasti berhubungan dengan tata usaha alias catat mencatat. Padahal semuanya itu nggak 100% bener. Arti sebenarnya dari administrasi adalah sekelompok orang yg bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu yg telah disepakati bersama. Jadi segala usaha untuk mencapai tujuan itu termasuk di dalam administrasi, bukan hanya tata usaha.

Administrasi Publik atau istilah jaman dulunya Administrasi negara. Di beberapa universitas kalau nggak salah  sampai sekarang masih ada yang pakai nama Administrasi Negara. Sebenarnya keduanya sama aja,, hanya aja Administrasi Publik adalah hasil dari perkembangan jaman, dimana dulu aktor utama dalam pemerintahan adalah negara sehingga disebut Administrasi Negara. Namun saat ini, untuk mengurangi kekuasaan negara yang cenderung tidak berpihak pada rakyat maka muncul paradigma yang memasukkan swasta dan masyarakat sebagai aktor juga. Kesimpulannya, publik merupakan negara, swasta, dan masyarakat. Sehingga, pelajarannya juga berubah menjadi Administrasi Publik

Apa sebenarnya yang dipelajari dalam Administrasi Publik? Administrasi Publik itu mempelajari tentang bagaimana mengelola suatu negara seperti tentang manajemen, sistem pemerintahan, pembuatan kebijakannya maupun dalam pemberian pelayanan. Beberapa mata kuliah yang ada di jurusan ini yaitu Manajemen  Pelayanan Publik, Kebijakan Publik, Sistem Pemerintahan Indonesia, Hubungan Internasional, dan lain-lain yang masih banyak lagi.

Pekerjaan yang relevan dengan jurusan administrasi publik adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS), jadi buat kalian yg punya cita-cita jadi PNS bisa masuk jurusan ini. Tapi kalau PNS yg guru SD yaa jangan masuk jurusan ini, salah alamat broo... :P Aku sendiri sebenarnya sama sekali nggak punya cita-cita jadi PNS,, entah kenapa aku bisa milih jurusan ini. Aneeh.. tapi itulah yg terjadi pada ku :)

Buat kalian yang ingin menghindari hitung menghitung,, jurusan ini adalah pilihan yang tepat. Kenapa bisa begitu?? tentu aja bisa karena semua mata kuliahnya adalah teori nggak ada hitung menghitung. Sejujurnya aku suka banget yang namanya hitung-menghitung khususnya matematika,, bukannya sombong tapi aku jago looh hitung-menghitung. hahaha :D Pada awalnya aku berpikir akan tetap menemukan pelajaran hitung menghitung, tetapi setelah aku jalani ternyata nggak ada tuuh yg namanya hitung menghitung.. pastinya kecewa hikshiks. Menyesal?? gag sama sekali,, aku enjoy banget ngejalani kuliah di jurusan ini karena apa yang dibahas dalam kuliah adalah sesuatu yang update yang benar-benar sedang terjaadi saat itu. Biar bisa lancar ngikuti kuliah kuncinya adalah NONTON TV. Enakkan kan. ..  eitss tunggu dulu  jangan-jangan ntar kalian malah pada nonton sinetron.. bukan.. bukan.. yang ada malah nggak nyambung pas kuliah. Yg harus kalian tonton adalah acara-acara berita karena itu nanti akan sangat berguna saat kalian ngikuti kuliah khususnya waktu diskusi. Kalau kalian update dengan peristiwa-peristiwa yg terjadi baik di Indonesia maupun internasional wawasan kalian akan menjadi luas sehingga saat di ajak berdiskusi bisa nyambung. Dosen pun akan jadi suka sama kita dan alhasil bisa dapet nilai A deh. .  Asyiik kan..
***
yaaap.. segitu dulu yaa postingan kali ini semoga bermanfaat khususnya bagi maba-maba yang masih bingung ataupun anak-anak SMA yang mau milih jurusan administrasi publik pas kuliah nanti. .  
Selamat kuliah buat maba di kampus!! Kalian sekarang sudah jadi mahasiswa bukan anak SMA lagi. . 


7 komentar:

  1. kak keren blognya,, foloower blogku ya
    galangkartika.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Aku mau nanya2 lebih lanjut dong kak tentang adm publik

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh.. lewat email aja yaa rahmadina.efer@gmail.com

      Hapus
  3. Aku tlg 16 agst bsk ada tes di salah satu kampus swasta sharing tentang tes nya dong :-) email aku siskamelyani@gmail.com
    blog aku siskamelyani.blogspot.com
    twitter aku @melyani_new
    plis bales !

    BalasHapus
  4. Makasi ya kak, infonya berguna banget! Walau aku masih 2 th lagi baru kuliah hehe. Skrg baru kls X tapi udh kepikiran ke jurusan ini hehe

    BalasHapus
  5. kakak aku maba nih...,aku mau ambil jurusan yg sama seperti kk..,sampai kk lulus apakah masih tidak ada hitung hitungan?...lalu bagaimana dengan skripsinya kak apa cangkupannya juga besar kan masalah negara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda kampus bisa jadi beda, kalaupun ada biasanya mata kuliahnya tentang statistik.
      Untuk skripsi bener banget sangat sangat luas, banyak banget yg bs diangkat buat dibahas di skripsi

      Hapus